mengenal statistika

Jumat, 10 Desember 2010


Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri). Statistika juga digunakan dalam  pemerintahan  untuk  berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan. sehingga ilmu Statistika sangat penting dalam dunia kerja.
Statistika merupakan bidang yang banyak terkait dengan matematika. Di Indonesia, kajian statistika sebagian besar masuk dalam fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, baik di dalam departemen tersendiri maupun tergabung dengan matematika. Statistika memberikan alat analisis data bagi berbagai bidang ilmu. Kegunaannya bermacam-macam: mempelajari keragaman akibat pengukuran, mengendalikan proses, merumuskan informasi dari data, dan membantu pengambilan keputusan berdasarkan data. Karena sifatnya yang objektif, sering kali merupakan satu-satunya alat yang bisa diandalkan untuk keperluan-keperluan di atas. statistika juga memiliki peranan penting dalam menyokong perkembangan ilmu pengetahuan lainnya. Itulah mungkin kenapa, statistika juga diajarkan di jurusan2, yg kelihatannya gak ada hubungannya dengan statistika.
. Statistika sangat dibutuhkan Karena di sekitar kita ada begitu banyak data-data yang harus kita olah yang seringkali kita perlu menggunakan data tersebut atau menyajikannya baik pada diri sendiri maupun orang lain. Tidak jarang  juga kita mengambil keputusan berdasarkan data tersebut. dalam pengolahan data dan pengambilan kesimpulan itu, maka dibutuhkanlah ilmu Statistika yang akan mempermudah dalam menyelesaikannya.

0 komentar: